Wednesday, December 21, 2016

Efek TKDN, Banjir Ponsel Murah Tahun 2017



Jagad tekonologi di tanah air mengalami perubahan besar di akhir 2016. Pemerintah secara resmi menetapkan peraturan baru bagi Perusahaan Ponsel yang beredar di Indonesia. Peraturan tersebut dinamakan TKDN.

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) akan membuat ponsel di indonesia menjadi murah meriah. Karena ada komposisi bahan yang harus dibuat di dalam negeri sehingga biaya produksi ponsel bisa ditekan. Hal ini akan berimbas pada harga jual ponsel yang lebih murah.

Bagi konsumen, kebijakan ini sangat menguntungkan. Apalagi kebutuhan akan gadget semakin tinggi. Konsumen indonesia rata-rata memegang 2 atau lebih ponsel per orang. Harga ponsel murah yang hador di tanah air akan meningkatkan jumlah pembelian ponsel di dalam negeri.

Tapi bagi produsen ponsel, kebijakan ini akan menjadi tantangan baru. Produsen harus pandai memanajemen produknya. Jika tidak maka produk ponselnya akan kalah bersaing di pasar ponsel murah.

"Ini (TKDN) tantangan dan tidak mudah. Buat infinix, sudah selangkah lebih maju dan ada partner untuk masalah TKDN. Tapi kami akan tunduk aja gimana regulasi pemerintah. (Adanya) perubahan (bikin) lumayan galau. Nanti (Infinix) akan menyesuaikan," kata Country Manager Infinix Mobility Indonesia, Marcia Sun saat peluncuran Zero 4 dan Zero 4 Plus di Kawasan SCBD, Jakarta.

1 comment: